by

Bupati Garut Buka Resmi BJB Rupa Rupi Fest

-DAERAH-4 views

matamaja.com – GARUT, Garut Kota – Bupati Garut, Rudy Gunawan secara resmi membuka resmi  pelaksanaan kegiatan Rupa Rupi BJB Fest yang dilaksanakan di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (29/10/2022).

Bupati Garut menyambut baik kegiatan ini, di mana BJB Rupa Rupi Fest ini dapat menjadi dorongan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berkualitas untuk mengadakan ekspos mengenai produk-produk. Ia juga mengatakan, akan lebih bagus jika para pelaku UKM bisa mengembangkan produknya sehingga dapat berorientasi ekspor.

“Tinggal nanti sekarang kita akan melakukan langkah-langkah konkrit, melakukan dulu bagaimana mereka itu diterima oleh pasar lokal, kalau bagus dan sebagainya (kan) ini meningkatkan perekonomian,” ucap Bupati Garut.

Ia berharap, adanya BJB Rupa Rupi Fest ini dapat meningkatkan penjualan bagi para pelaku UKM yang berkesempatan untuk menampilkan produknya dalam kegiatan ini. Tak hanya itu, imbuh Rudy, Bank BJB juga dapat memberikan kredit baik itu berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Kredit Mesra.

“Dan tentu ini juga upaya perbankan terutama BJB yang milik pemerintah daerah, saham besarnya adalah pemerintah daerah, ini bisa memberikan dorongan bagi kemajuan ekonomi di Jawa Barat,” lanjutnya.

Ia menerangkan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Ke depannya, Rudy mengungkapkan di tahun 2023 pihaknya akan memprioritaskan ide-ide dan kreatifitas yang melibatkan ibu-ibu yang ada di 421 desa.

“Makanan-makanan substitusi atau pengganti dari pada karbohidrat, nah itu ada ada spacenya 25% yang lainnya adalah sama, itu akan dilakukan setiap minggu selama 10 bulan,” ucapnya.

Ketua Penyelenggara, juga selaku Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB, Dedi Mulyadi menyampaikan, BJB Rupa Rupi Fest ini bertujuan untuk mengakomodir terkait ekonomi kreatif khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Garut, baik itu dari segi kuliner, fashion, dan craft.

“Jadi itu tujuannya hari ini adalah bagaimana membangkitkan pelaku usaha mikro supaya lebih tumbuh khususnya di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Dedi menyampaikan, dalam BJB Rupa Rupi Fest ini terdapat 50 tenant yang merupakan perwakilan dari masing-masing komoditi. Selain itu, ia mengungkapkan saat ini terdapat kurang lebih 1438 UMKM di Kabupaten Garut yang dibina Bank BJB Cabang Garut.

Terakhir ia menuturkan, kedepannya pihaknya akan mengadakan agenda dalam rangka membangkitkan pelaku UMKM di Kabupaten Garut.

“Membangkitkan ini secara BJB dan pemerintah daerah, disamping  pembiayaan, pembinaan dan juga adalah pameran-pameran,” tandasnya.

(aep/garutkab)