by

BLT Dana Desa 2021 disalurkan hingga akhir Desember, matamaja.com buka layanan pengaduan masyarakat

-Wisata-32 views

matamaja.comMajalengka. Pemerintah pada tahun 2021 ini kembali memperpanjang bansos BLT Dana Desa. Bantuan ini disalurkan sampai bulan Desember 2021, mekanisme penetapan calon penerima bansos dilakukan melalui musyawarah desa (musdes) yang melibatkan tokoh masyarakat dan elemen lain selain pihak pemdes, BPD dan lembaga penyelenggara pemerintahan desa lainnya. BLT Dana Desa disahkan oleh menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melalui peraturan menteri keuangan nomor 222 PMK 07 2020 tentang pengelolaan dana desa dengan jumlah bantuan sebesar 300rb/bulan.

Adapun penyaluran BLT Dana Desa ditujukan untuk warga yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Masuk dalam kategori miskin atau kurang mampu dan berdomisili di desa tempat yang bersangkutan tinggal.
2. Tidak termasuk penerima program bantuan PKH, BPNT, BST, kartu prakerja ataupun bansos pemerintah lainnya.

Masyarakat yang termasuk penerima bansos BLT Dana Desa bisa mengecek namanya di situs laman resmi kemendesa yaitu sid.kemendesa.go.id . Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengawasi penyaluran bantuan ini, agar program ini benar-benar tepat sasaran dan terasa manfaatnya oleh kriteria penerima bantuan diatas. Jangan sampai terjadi lagi tumpang tindih nama penerima bantuan, sementara yang lain tidak mendapatkan sama sekali.

Peran Ormas, LSM dan media diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengawal penyaluran bantuan ini, bahkan sebaiknya diikutsertakan dalam musyawarah penetapan calon penerima bansos. Agar semua pihak transparan dan tidak ada permasalahan dikemudian hari, yang pada akhirnya warga akan menuntut aparat desa atas ketidakcocokan data penerima bantuan. Dalam mendukung program bantuan tersebut, matamaja.com membuka form pengaduan masyarakat yg bisa diakses di website matamaja.com di menu SIAP86, masyarakat tinggal mengisi data dan mengunggah bukti ketidaksesuaian. Selanjutnya matamaja.com akan mengkonfirmasi dan menyampaikan pengaduan tersebut ke pihak terkait, identitas warga yang mengadukan akan dirahasiakan. (Dicky)