by

Berikut Beberapa Aneka Makanan Nusantara Populer dan Legendaris, Hidangan Lezat Cita Rasa Khas

Matamaja.com//Wisata dan Kuliner – Berbicara tentang kuliner Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Di setiap daerahnya mempunyai berbagai macam makanan khas yang menggugah selera. Masing-masing makanan ini memiliki cita rasa khas yang menjadi keunggulan sekaligus promosi wisata bagi setiap masyarakat untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.

Bukan hanya menarik masyarakat Indonesia, berbagai aneka makanan nusantara juga mulai dikenal hingga internasional. Sebut saja rendang daging dengan cita rasa rempah khas, sate ayam gurih dengan sambal kacang manis, hingga nasi goreng dengan beragam topping lezat.

Selain itu, masih banyak aneka makanan nusantara populer dan legendaris yang unik dan menarik. Sebagai warga negara Indonesia, penting untuk mengenal lebih dalam tentang beragam makanan khas ini. Dengan memahami hal ini, Anda bisa lebih mencintai kreasi masakan dalam negeri yang menjadi kebanggaan tersendiri.

Di samping itu, kita bisa turut mempromosikan aneka makanan nusantara agar lebih dikenal luas mendunia. Terutama bagi yang bekerja atau menempuh studi di luar negeri, mengenalkan kekayaan budaya Indonesia dapat membantu meningkatkan daya tarik wisata Indonesia bagi masyarakat mancanegara.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum berbagai aneka makanan nusantara populer dan legendaris khas Indonesia yang bisa Anda simak.

Aneka Makanan Nusantara: Rendang, Sate, Nasi Goreng, Rawon

Rendang
Aneka makanan nusantara populer dan legendaris yang pertama adalah rendang. Ini adalah makanan khas Sumatera Barat, berupa daging sapi yang diolah dengan beragam bumbu rempah dan bumbu dapur khas. Mulai dari cabai, lada, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya. Tak lupa ditambahkan santan kental ke dalam olahan tersebut untuk menambah cita rasa daging semakin gurih.

Dalam prosesnya, daging sapi ini diolah hingga berjam-jam agar bumbu rempah bisa meresap ke dalam dan warna daging menjadi hitam pekat. Meskipun memiliki serat yang banyak, namun olahan daging rendang ini sangat empuk bahkan hancur dan lumat di mulut. Dengan tekstur yang empuk dan cita rasa gurih kaya rempah, sajian ini nikmat disantap dengan nasi putih hangat yang mengenyangkan.

Sate
Aneka makanan nusantara populer berikutnya adalah sate. Ini adalah sajian daging yang dipotong-potong kecil, ditusuk, dan dibakar dengan beragam bumbu khas. Bahan daging yang digunakan bisa beragam, mulai dari daging ayam, sapi, kambing, hingga kelinci.

Tentu masing-masing jenis hidangan sate ini memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan penyajiannya, seperti sate ayam yang biasanya disajikan dengan lontong dan sambal kacang gurih, berbeda dengan sate sapi, kambing, dan kelinci yang umumnya disantap dengan nasi hangat dan sambal kecap pedas. Meskipun begitu, setiap hidangan sate daging ini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera.

Nasi Goreng
Aneka makanan nusantara yang tak kalah lezat selanjutnya adalah nasi goreng. Tentu sebagian besar dari Anda sudah tak asing dengan hidangan yang satu ini. Ini adalah sajian nasi yang digoren dengan bumbu-bumbu gurih dan ditambahkan kecap manis sebagai pelengkap rasa.

Bukan hanya itu, hidangan nasi goreng juga dilengkapi dengan beragam bahan campuran dan topping. Mulai dari telur mata sapi, daging ayam, bakso, sosis, hingga beragam seafood. Tak heran, jika hidangan ini mempunyai banyak kreasi yang menarik dan menggugah selera. Meskipun sederhana, namun nasi goreng telah dikenal luas hingga internasional.

Rawon
Rawon juga termasuk salah satu aneka makanan nusantara yang tidak kalah legendaris. Lagi-lagi ini adalah sajian daging yang diolah dengan bumbu rempah. Namun berbeda dengan rendang, makanan khas Surabaya ini berupa sup yang disajikan dengan kuah gurih hitam pekat. Warna hitam pada rawon didapatkan dari buah kluwek yang dicampurkan ke dalamnya.

Hidangan rawon ini biasanya disajikan dengan taburan tauge dan bawang goreng sebagai topping di atasnya. Daging rawon yang gurih nan empuk, berpadu dengan kuah hitam rempah tentu menghasilkan cita rasa lezat dan nikmat. Hidangan rawon sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat yang empuk.

Gado-Gado
Aneka makanan nusantara populer lainnya adalah gado-dago. Berbeda dengan hidangan-hidangan sebelumnya yang berbahan daging, gado-gado bisa disebut sebagai salad khas Indonesia. Hidangan ini menyajikan potongan sayur rebus segar yang disiram dengan saus sambal kacang lembut dan gurih.

Tak lupa pula di tambahkan potongan telur rebus sebagai bahan protein yang dapat menyeimbangkan asupan nutrisi pada hidangan salad gado-gado. Menu ini banyak ditemukan di berbagai daerah. Meskipun dibuat dengan bahan-bahan sederhana, namun hidangan ini memiliki cita rasa lezat dan tentu saja sarat dengan nutrisi baik.

Gudeg
Gudeg juga menambah daftar panjang aneka makanan nusantara legendaris di Indonesia. Seperti diketahui, makanan khas Yogyakarta ini dibuat dari bahan nangka muda yang diolah dengan bumbu khas dan proses yang cukup lama. Bahkan sajian gudeg khas Jogja ini membutuhkan pengolahan hingga berjam-jam agar bumbu meresap dengan sempurna dan warna cacahan nangka muda coklat pekat.

Sajian gudeg biasanya dihidangkan bersama nasi hangat, sambal goreng krecek, telur kecap manis, dan sareh putih dari bahan santan di atasnya. Ini termasuk menu populer yang selalu diburu masyarakat saat berkunjung ke Kota Pelajar ini.

Bebek Betutu
Aneka makanan nusantara populer yang tak kalah lezat lainnya adalah Bebek Betutu. Ini adalah makanan khas Pulau Dewata, berupa daging bebek utuh yang diolah dengan bumbu kuning rempah. Uniknya, dalam proses pengolahan daging bebek dibungkus dengan daun pisang dan dibungkus lagi dengan pelepah pinang hingga rapat.

Setelah itu, daging bebek ditanam dalam lubang tanah yang ditutup dengan bara api dan didiamkan hingga 7 jam. Setelah matang, sajian bebek ini menghasilkan aroma sedap dan cita rasa gurih hingga meresap ke dalam. Bukan hanya itu, proses pengolahan yang lama membuat daging bebek yang biasanya alot menjadi empuk dan lembut.

(@aher/TBNews)