by

“Arung Surakatiga” Olahraga Air dan Pelestarian Lingkungan

-DAERAH-13 views

matamaja.com – KUNINGAN- Olahraga air “Arung Surakatiga” yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kuningan, kini telah digelar untuk yang ke 25 kali. Olahraga yang menjadi agenda tahunan Himpunan Olahraga Simpang Empat (HOLS) Kelurahan Winduhaji Kuningan ini, dilaksanakan disaluran irigasi Surkatiga sepanjang 4 Kilometer, mulai dari Desa Citangtu sampai Kelurahan Winduhaji.

Setelah dua tahun, kegiatan  Arung Surakatiga tidak digelar akibat pandemi Covid-19, kini pada pelaksanaan yang ke-25 di tahun 2022,  mendapat animo luar biasa dari masyarakat. Dibuktikan, peserta yang mengikuti olahraga air tersebut hampir mencapai 2000 peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan.

Pada pelaksanaan Arung Surakatiga kali ini, dibuka oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, ditandai dengan pelepasan peserta dari panggung utama, di Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan, pada Minggu (25/9/2022) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Wabup mengatakan, Arung Surakatiga, selain sebagai bentuk olahraga, juga sebagai wahana hiburan dan silaturahmi masyarakat Kabupaten Kuningan, sekaligus momentum untuk melestarikan lingkungan.

“Saya menyampiakan apresiasi kepada seluruh jajaran panitia HOLS, yang secara rutin menggelar kegiatan Arung Surakatiga ini. Semoga dengan digelarnya kegiatan ini, bisa menumbuhkan rasa memilki di setiap hati masyarakat terhadap saluran irigasi Surakatiga, sehingga kita tetap dapat melestarikan keberadaan saluran irigasi ini, yang dirasakan sangat besar manfaatnya dalam menunjang kehidupan masyarakat,” singkat Wabup.

Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara Yogi Indra Okgiana, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Arung Surakatiga yang ke-25, diikuti sebanyak 1.850 peserta, yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan. Selain dalam memeriahkan Hari Jadi ke-524 Kuningan, momentum tersebut juga bertepatan dengan Hari Jadi HOLS yang ke-77. Adapun para peserta, sambungnya, akan memperebutkan hadiah utama satu unit sepda motor, ditambah barang elektornik lainnya.

“Untuk memberikan susana yang nyaman kepada para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, sebelumnya, kami telah melakukan kegiatan kebersihan disepanjang saluran irigasi Surakatiga. Dan selanjutnya, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan para donatur, yang telah mendukung atas terselenggaranya kegiatan Arung Surakatiga ini,” pungkas Yogi.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan Arung Surakatiga yang ke-25, Camat Kuningan Didin Bahrudin, S.Sos., M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kuningan, Lurah Winduhaji Nana Sumarna, serta undangan lainnya. (Bid IKP/DISKOMINFO)