by

Arab Saudi Tak Keluarkan Izin Umrah Bagi Lansia Berusia 70 Tahun

-Wisata-63 views

matamaja – Riyadh. Arab Saudi mengumumkan tidak akan mengeluarkan izin umrah untuk jemaah lokal berusia di atas 70 tahun. Kebijakan ini tetap berlaku bagi mereka yang telah divaksin Covid-19.

Seperti dilansir laman Gulf News, Kamis (25/3/2021), otoritas Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan warga negara dan ekspatriat dapat mengajukan izin umrah hanya jika mereka berusia antara 18 sampai 69 tahun.

Selain itu, sesuai instruksi Kementerian Kesehatan setempat jamaah yang mengajukan diri juga tidak boleh menambah anak sebagai pendamping. Namun, pemegang izin bisa menambahkan ibunya sebagai pendamping.

Kementerian juga mengungkap, menjalani vaksinasi Covid-19 bukan prasyarat mendapatkan izin. Dijelaskan bahwa izin dapat diperoleh melalui aplikasi Eatmarna rilisan pihaknya.

Pelamar juga harus membuktikan bahwa dirinya bebas dari virus corona baru melalui aplikasi Tawakkalna. Kementerian Kesehatan Arab Saudi sebelumnya menyarankan mereka yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah agar mengajukan penerimaan vaksin.

Sementara asisten Menteri Kesehatan sekaligus juru bicara kementerian, Dr. Mohammad Al Abdul Ali menyampaikan mewajibkan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat menunaikan umrah masih dalam kajian.

Kendati begitu, pihaknya mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan syarat wajib bagi mereka yang ingin menunaikan haji tahun ini.

Bukti vaksinasi COVID-19 juga merupakan syarat pengajuan izin masuk Arab Saudi, khususnya Makkah dan Madinah, bagi jemaah dari luar negeri. (PMJnews)