by

7 Rekomendasi Camilan yang Sehat untuk Bayi

Matamaja.com//Tips Kesehatan – Selain ASI dan menu utama MPASI, bayi juga membutuhkan makanan selingan atau camilan di antara jadwal makannya. Camilan bisa diberikan sejak awal bayi mulai MPASI, Moms.

Mengutip Kids Health, camilan dapat membantu untuk mengelola rasa lapar pada bayi. Selain itu, memberikan camilan pada bayi juga dapat mencegah si kecil rewel karena kelaparan dan kekenyangan saat mengonsumsi ASI atau makanan utama.
Nah Moms, berikut ini beberapa rekomendasi camilan sehat yang dapat diberikan pada bayi sebagaimana dikutip dari Baby Gaga. Camilan tersebut dapat disajikan dengan tekstur yang disesuaikan dengan usia bayi.
Rekomendasi Camilan Sehat untuk Bayi

1. Sereal tanpa Susu
Sereal tanpa susu bisa menjadi pilihan camilan yang bisa dinikmati dengan mudah. Ukurannya yang kecil dapat melatih kemampuan bayi untuk mengambil dan menggenggam sesuatu. Namun, awasi saat bayi menikmati sereal untuk mencegah ia tersedak ya, Moms.
2. Telur Orak-Arik

Telur orak-arik memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah bagi bayi untuk menikmatinya sebagai camilan. Tak hanya nikmat, telur juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan si kecil.
3. Alpukat

Alpukat dapat disajikan sebagai finger food dengan dipotong kecil-kecil. Buah yang satu ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang bayi.
4. Ubi Jalar Kukus
Ubi jalar yang dikukus memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sedikit manis, sehingga cocok disajikan sebagai camilan bayi. Selain dipotong-potong, Anda juga dapat menghaluskannya dan membuatnya menjadi bola-bola agar bayi makin tertarik untuk menikmatinya, Moms.
5. Wortel Kukus

Tak hanya disajikan sebagai makanan utama, wortel juga dapat dijadikan sebagai camilan dengan cara dipotong kecil-kecil dan dikukus. Sayuran berwarna oranye ini juga memiliki rasa yang cenderung hambar, sehingga cenderung lebih aman untuk sistem pencernaan bayi yang masih berkembang.

6. Pisang
Pisang merupakan buah yang mengandung kalium, serat, dan karbohidrat. Buah yang satu ini juga dapat disajikan dalam bentuk apapun, mulai dari dipotong kecil-kecil, dihaluskan menjadi bubur, atau langsung dikupas dan dimakan.
7. Kiwi
Buah lain yang dapat disajikan sebagai camilan untuk bayi yaitu kiwi. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan sedikit renyah, sehingga tidak akan membuat bayi tersedak.

(@aher/kumparan.com)