by

5 Diet Untuk Mengecilkan Perut yang Ampuh

Matamaja.com//Tips Kesehatan – Kamu merasa terganggu dengan tampilan perut buncit? Ada beberapa cara diet mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tampilan perut rata dan membuat kamu percaya diri lagi.

Diet adalah pola perilaku hidup sehat dalam mengatur pola makan dengan tetap memperhatikan kebutuhan gizi agar terpenuhi.
Ketika sedang dalam proses diet mengecilkan perut, kamu perlu memperhatikan asupan makanan, pola makan, pola tidur, dan beberapa jenis makanan atau minuman yang pantang kamu konsumsi saat diet berlangsung.
Salah satu penyebab perut buncit adalah asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi menjadi faktor penyebab perut menjadi buncit.
Jika kamu ingin melakukan diet untuk mengecilkan perut agar perut menjadi lebih kecil dan rata, kamu perlu memperhatikan beberapa cara yang dapat kamu jadikan referensi agar diet berhasil.
Simak beberapa cara diet mengecilkan perut pada ulasan berikut ini yang dikutip dari Medical News Today.

Cara Diet Mengecilkan Perut

1. Hindari melewatkan sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang jangan sampai terlewat ketika kamu sedang dalam program diet mengecilkan perut. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, kamu tetap membutuhkan asupan energi yang berasal dari sarapan.
Mengonsumsi menu sarapan yang sehat dan rendah kalori dapat membantu mengecilkan perut dengan maksimal.
Mengonsumsi menu makanan yang tepat saat sarapan juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan kalap di waktu makan siang.
Kamu dapat mengonsumsi oatmeal, telur rebus, roti gandum, pisang, dan smoothies buah tanpa gula untuk menjadikan menu sarapan diet mengecilkan perut.

2. Hindari konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis mengandung kalori yang sangat tinggi. Hal ini menjadi penyebab perut buncit. Kurangi konsumsi gula saat diet mengecilkan perut agar program diet berjalan dengan lancar.

3. Hindari makanan berlemak tinggi

Tubuh kita juga membutuhkan lemak, akan tetapi jika mengonsumsi lemak secara berlebihan akan membuat perut menjadi buncit.
Lemak jenuh biasanya terdapat pada produk olahan susu full cream, minyak goreng, serta daging olahan seperti sosis, nugget, dan ham.
Tidak hanya menjadi makanan penyebab perut buncit, mengonsumsi makanan dengan lemak secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Hindari makanan olahan

Hindari konsumsi makanan olahan seperti daging olahan, roti, kue, makanan cepat saji, dan jenis makanan olahan lainnya.
Kamu bisa mengonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan yang segar murni untuk mengecilkan perut.

5. Rutin berolahraga

Selain menjaga pola makan, kamu juga dianjurkan untuk berolahraga secara rutin untuk membakar kalori dalam tubuh, sehingga proses mengecilkan perut berlangsung dengan baik.

Kamu bisa melakukan olahraga kardio untuk membakar kalori dalam tubuhmu.

6. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan dan berolahraga, kamu juga perlu memastikan kualitas tidur yang baik dan cukup di setiap harinya. Dilarang begadang ketika sedang dalam program diet mengecilkan perut.
Usahakan kamu memiliki kualitas tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam tiap harinya. Ini akan membantu proses diet mengecilkan perut yang sedang kamu lakukan.
Nah, itu dia beberapa cara diet mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan agar tampilan perut menjadi lebih kecil dan terhindar dari perut buncit. Semoga dietmu berhasil!

(@aher/kumparan.com)