by

48 Warga Penderita Katarak di Majalengka mendapat Pelayanan Operasi Gratis.

-Daerah-49 views

Majalengka. Sebanyak 81 persen kasus kebutaan di Indonesia ,terjadi akibat katarak . Persentase itu berdasarkan hasil survey kebutaan yang di lakukan oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan di 15 Provinsi .

Dari hal tersebut maka Perdami perwakilan Jawa barat dan RS. Mata Cicendo dan di Fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, juga di bantu oleh tim medis dari Puskesmas Cigasong yang juga menjadi tuan rumah di selenggarakannya bakti sosial pada Februari 2021 dalam acara Bakti Sosial ini juga juga mendapat kunjungan dari Bupati DR.H. Karna Sobahi M.Mpd yang di dampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Majalengka dr .H. Gandana Purwana .MARS.

Pada kesempatan itu juga Bapak Bupati memberikan santunan ,kepada warga penderita katarak yang mendapat bantuan Operasi Gratis . Dalam sambutan nya Bapak Bupati diantaranya mengatan ,bahwa tidak sampai disini saja penyelenggaraan Bakti Sosial Operasi katarak ini tetapi nanti akan di sambung dan di selenggarakan kembali di Puskesmas Kecamatan Bantarujeg bulan Mei mendatang.

Di tempat terpisah Kepala Seksi P2PTM dan Keswa H. Mumu Hermawan .SKM. Mengatakan “, bahwa penyelenggaraan baksos ini melalui tahapan tahapan dari mulai mengadakan scrinning ke setiap puskesmas yang ada di wilayah kabupaten Majalengka dan pada penyelenggaraan baksos ini terjaring 90 warga masyarakat penderita katarak dan baru 48 yang di tangani dan mendapatkan pelayanan Operasi Gratis , karena banyak warga penderita yang tidak hadir pada baksos kali ini, ” ungkap nya.(wind / Iyan )