Sespimen Polri Dikreg ke-64 Laksanakan KKL di Banjar, Kalsel

 

NGAWI,BUSERJATIM.COM GROUP-Peserta didik SESPIMMEN POLRI DIKREG ke-64 melaksanakan KKP (Kuliah Kerja Profesi) di Polres Banjar Polda Kalsel. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 9 hingga 12 Juli 2024, sebagaimana dikatakan oleh Ketua Tim Kombes Pol Benyamin Sapta Tranggono, S.I.K., M.Si., pada Selasa (09/07/2024).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Kapolres Banjar beserta jajarannya yang telah memberi kesempatan untuk KKP yang akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 12 Juli 2024,” tutur Ketua Tim dalam sambutannya, di Aula Sarja Arya Racana (SAR) Polres Banjar.

Kuliah Kerja Profesi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pembelajaran yang telah dibuka pada tanggal 17 Januari 2024 dan direncanakan akan ditutup pada tanggal 29 Agustus 2024. Tema pendidikan SESPIMMEN POLRI DIKREG ke-64 T.A 2024 adalah “Mewujudkan Pimpinan Tingkat Menengah Polri, Kementerian, dan Lembaga yang Prediktif, Responsif, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI) dan Melayani untuk Indonesia Maju”.

Acara ini dihadiri oleh para peserta didik SESPIMMEN POLRI yang terpilih dari sejumlah perwira Polri, perwira TNI, dan peserta tamu mancanegara. Total ada 295 peserta yang terdiri dari 269 peserta dari Polri, 24 peserta dari TNI, dan 2 peserta dari mancanegara. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 orang akan melaksanakan KKP di Polres Banjar, yang terdiri dari 11 peserta dari Polri dan 1 peserta dari TNI AU.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Kapolres Banjar beserta jajarannya yang telah mendukung dan memberikan kesempatan kepada peserta didik SESPIMMEN POLRI DIKREG ke-64 untuk melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP),” lanjut Benyamin

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T., S.H., S.I.K., M.H., menyambut baik kedatangan tim peserta didik Sespimmen Polri Dikreg ke-64 dan mengucapkan selamat melaksanakan tugas kuliah kerja profesi, serta mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyambutan selama pelaksanaan kegiatan kuliah kerja profesi di Kesatuan Polres Banjar Polda Kalsel.

“Semoga peserta didik dapat melaksanakan tugas kuliah profesi dengan lancar dan tentunya dapat lebih berkontribusi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan,” ujar Sekda Kabupaten Banjar H. Muhammad Hilman mewakili Bupati Banjar

Salah satu standar kompetensi lulusan yang diharapkan adalah penguasaan penggunaan konsep, teori, metode, dan bahan dari instrumen kepemimpinan dan manajemen strategis. Kegiatan KKP ini merupakan salah satu program pendidikan khusus yang disusun untuk mewujudkan standar kompetensi tersebut. Melalui KKP, peserta didik diharapkan dapat melaksanakan studi permasalahan di lapangan dan memberikan solusi yang relevan.

Selain pendidikan dan pengajaran, kegiatan ini juga mencakup pengabdian kepada masyarakat, seperti bakti sosial dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam bidang budaya, seni, dan wisata. Para peserta didik telah mendapatkan bekal pengetahuan dan pelajaran yang berhubungan dengan tema KKP, sehingga diharapkan dapat mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam tugas-tugas sebagai manajer tingkat menengah.

Hasil dari kegiatan KKP ini akan dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah yang bersifat strategis dan problem solving, yang akan diuji setelah pelaksanaan KKP. Hasil tersebut juga akan menjadi informasi penting bagi peserta didik dalam merumuskan kebijakan di lingkungan organisasi tingkat Polres.

Ketua Tim juga mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang hadir dalam penyambutan peserta didik Sespimmen Polri Dikreg ke-64, diantaranya Forkopimda Kabupaten Banjar, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, komunitas mitra Polri dan stakeholder Kabupaten Banjar. (Hmsresngw*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *