Kanit Samapta Polsek Arahan Indramayu Aiptu Eryana Gotong Royong Bersihkan Eceng Gondok di Sungai Desa Arahan Kidul

TNI POLRI8 Views

 

Indramayu,- Kanit Samapta Polsek Arahan, Polres Indramayu Polda Jabar Aiptu Eryana, turut serta dalam kegiatan bakti sosial membersihkan eceng gondok yang menghalangi saluran air dan memperbaiki tanggul yang jebol di Sungai Pembuang, Desa Arahan Kidul, Blok Kulon Kali, Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu. Senin (8/7/2024)

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Binwil dari Pemda, Camat Arahan, Kuwu Sukasari, Kuwu Arahan Kidul, MP Arahan, Dinas Pengairan, dan masyarakat setempat.

Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar melalui Kapolsek Arahan, Iptu H. Ian Hernawan, menjelaskan bahwa saat ini warga bersama dengan pamong Desa Arahan Kidul dan pihak terkait sedang berupaya keras menggunakan alat berat untuk membersihkan eceng gondok yang menyumbat saluran air dan memperbaiki tanggul yang rusak. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi banjir yang dapat merendam area sawah yang baru saja ditanami padi.

“Dengan adanya curah hujan yang tinggi belakangan ini, tinggi air di Sungai Pembuang naik dan menggenangi sebagian area sawah,” ungkap Kapolsek didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Junata.

Saat ini, upaya penanggulangan terus dilakukan secara kolaboratif dengan warga dan pamong Desa setempat untuk membersihkan eceng gondok yang menghalangi aliran sungai dari Blok Kulon Kali hingga Blok Semang.

Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai respons terhadap dampak banjir pasca curah hujan, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian dan gotong royong dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di lingkungan sekitar.

“Dalam situasi seperti ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan bekerja sama dalam menjaga kebersihan sungai serta tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengganggu aliran air,” tambah Kapolsek.

Kapolsek berharap agar upaya ini dapat membawa dampak positif bagi lingkungan dan mengurangi potensi terjadinya banjir di masa mendatang. Ungkap Iptu H. Ian Hernawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *