Jelang Idul Adha, Bhabinkamtibmas Polsek Jatibarang Indramayu Edukasi Peternak Kambing Tentang Keamanan

 

 

INDRAMAYU – Bhabinkamtibmas Polsek Jatibarang, jajaran Polres Indramayu Polda Jabar Bripka Arief Rachman, S.H., melakukan kegiatan sambang kepada sejumlah peternak kambing di Desa Sukalila, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Senin (10/6/2024)

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya pencurian hewan kambing, terutama menjelang hari raya Idul Adha tahun 2024.

Kapolres Indramayu, AKBP MKapolsek Jatibarang, Kompol Darli, menjelaskan bahwa kegiatan sambang warga atau door to door system ini bertujuan untuk memberikan himbauan kepada para peternak agar lebih waspada terhadap potensi pencurian hewan ternak.

“Sambang warga ini merupakan upaya kami untuk mencegah terjadinya pencurian kambing di malam hari, khususnya menjelang hari raya Idul Adha,” ujar Kompol Darli didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Junata.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Arief Rachman memberikan beberapa himbauan kepada para peternak kambing agar meningkatkan keamanan kandang mereka.

“Pastikan kandang terkunci dengan baik dan sulit dibobol. Selain itu, perlu ada pengawasan ekstra, terutama pada malam hari,” jelas Kapolsek.

Ia juga menekankan pentingnya pemasangan lampu penerangan yang cukup di sekitar kandang untuk meminimalisir risiko pencurian di malam hari.

Lampu penerangan yang memadai dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi peluang terjadinya pencurian,” tambahnya.

Selain itu, Bripka Arief Rachman juga mendorong para peternak untuk rutin melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak mereka.

“Pemeriksaan rutin sangat penting untuk memastikan kondisi hewan tetap sehat dan terhindar dari pencurian,” ungkapnya.

Kapolsek Jatibarang, Kompol Darli, berharap melalui kegiatan sambang ini, para peternak kambing dapat lebih waspada dan menjaga hewan ternaknya dengan lebih baik.

“Kami akan terus melakukan kegiatan seperti ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, terutama menjelang hari-hari besar seperti Idul Adha,” tutup Kompol Darli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *