Pembekalan Bintal Fungsi Komando, Guna Meningkatkan Mental Tangguh dan Militan

PERISTIWA15 Views

SORONG PBD, BUSERJATIM.COM GROUP  – Pelaksanaan pembekalan Bintal Fungsi Komando (BFK) yang dilaksanakan oleh Dinas Pembinaan Mental TNI AL, yang diikuti oleh seluruh Prajurit yang berada di wilayah Sorong, baik dari Prajurit Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 Sorong, adapun kegiatan tersebut mengambil tema “Membentuk Prajurit TNI Angkatan Laut yang Bermental Tangguh dan Berakhlak Mulia serta Memiliki Jiwa Nasionalisme, Militan, Rela Berkorban, Pantang Mengeluh dan Sehat Psikis”. Kegiatan tersebut bertempat di gedung serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III Katapop kabupaten Sorong provinsi Papua Barat Daya, Senin (10/06/24).

 

Dalam sambutan tertulis Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., disampaikan ucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) berserta staff atas waktunya untuk memberikan pembekalan Bintal Fungsi Komando bagi Prajurit TNI AL yang berada di wilayah Sorong, dengan tujuan membentuk Prajurit TNI AL yang bermental tangguh dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa nasionalisme, militan, rela berkorban, pantang mengeluh dan sehat psikis.

 

Lebih lanjut Pangkoarmada III juga mengatakan nahwa, dengan kegiatan pembekalan tersebut, yang dilaksanakan secara berkelanjutan, akan tercipta mentalitas Prajurit Jalasena yang tangguh dan selalu siap sedia mengawal kemajuan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Mengakhiri sambutannya Pangkoarmada III juga mengingatkan bahwa keberhasilan dalam pembinaan personel TNI AL bukan hanya tanggung jawab aparat pengemban fungsi Binpers akan tetapi juga merupakan tanggung jawab semua aparat pengemban fungsi pengguna personel, dalam hal ini adalah Komandan, Kasatker dan Atasan Langsung yang mempunyai tugas, kewajiban, peranan dan wewenang untuk melaksanakan pengendalian personil dibawahnya.

 

Sementara itu dalam pengarahannya, Kadisbintalal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, menyampaikan bahwa Safari Pembinaan Mental Terpadu TA 2024 ini adalah program kerja Disbintal TNI AL tahun 2024, yang merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut untuk memberikan bimbingan mental terhadap Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut serta keluarga dan Jalasenastri, berupa bimbingan mental dan rohani, bimbingan mental ideologi Pancasila, dan bimbingan konseling serta Pembinaan Trajuang untuk membentuk Prajurit TNI AL yang militan melalui kepemimpinan dan etika diri.

 

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S. Sos., Wadan Lantamal XIV, Pejabat Utama Koarmada III, Kasatker serta Komandan Satuan Koarmada III, Prajurit dan PNS TNI AL wilayah Sorong, bersama Pengurus dan anggota Jalasenastri Armada III.

 

(Tim/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *