Bangunan Ratusan Juta SDN Sindang Diduga Tidak Sesuai RAB

DAERAH57 Views

matamaja.com // MAJALENGKA -, Kontruksi bangunan SDN Sindang Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat menelan Dana Ratusan Juta Rupiah namun diduga kegiatan rehab tersebut tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Aktivis anti korupsi Sunan Rahmad, setelah melakukan investigasi ke lokasi kegiatan rehab gedung SDN Sindang, menemukan dugaan sejumlah kejanggalan.

Salah satunya yakni para pekerja tidak mengindahkan aturan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) selain itu adanya dugaan ketidak sesuaian pasangan usuk yang menggunakan ukuran lebih lebar dari yang telah ditentukan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

” Dalam RAB biasanya dalam kontruksi yang sesuai aturan pembangunan kontruksi harus dengan jarak 80 cm, sedangkan dilokasi pembangunan ditemukan melebihi ketentuan yakni ukurannya 100 cm sehingga sangat mempengaruhi kualitas bangunan dimana harus menopang beban Genteng yang berat sehingga berpotensi terjadi roboh dan membahayakan anak didik kedepannya, ” ujarnya,(14/5/2024).

Untuk itu pihaknya meminta pada Dinas terkait dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta tim monitoring harus lebih cermat lagi dalam melakukan pengawasan jika tidak tentu saja menyalahi aturan dan berkonsekuwensi terhadap hukum.

” Dalam penggunaan anggaran pembangunan di SDN Sindang tersebut, bersumber dana dari DAU dengan nilai Rp 198.683.000 Yang sedang digarap oleh CV Maju Bersama 94 untuk merehabilitasi ruang kelas belajar siswa Sekolah Dasar, saya berharap agar pihak terkait untuk lebih cermat dalam pengawasan dan melakukan tugasnya dengan baik agar pihak rekanan benar-benar mengerjakan kegiatan rehabnya dengan baik, ” harapnya

Sementara itu PPK Dinas Pendidikan Majalengka belum memberikan keterangan resminya karena belum bisa ditemui, begitupun di tempat terpisah dengan pihak rekanan yang mengerjakan kegiatan rehabilitasi ruang kelas belum memberikan keterangan karena dilokasi hanya ada orang yang bekerja.(F-16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *