Semarak HBP Tahun 2024 Lapas I Madiun Menggelar Ziarah Makam Pahlawan dan Tabur Bunga

HUKRIM47 Views

MADIUN, BUSERJATIM. COM GROUP – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024, Lapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Salah satu kegiatan adalah ziarah ke Makam Pahlawan yang dilaksanakan pada hari Kamis(25/04).

Acara ziarah ini diikuti oleh Lapas I Madiun, Lapas Pemuda IIA Madiun, Bapas Kelas II Madiun dan perwakilan Dharma Wanita. Mereka berkumpul di Taman Makam Pahlawan Madiun pada pukul 07.00 WIB, mengawali kegiatan dengan upacara penghormatan yang dipimpin oleh Kabid Giatja lapas I Madiun Toni Aji.

Kepala Lapas I Madiun melalui Kabid Giatja Toni Aji, mengungkapkan pentingnya acara ini dalam mengenang perjuangan para pahlawan sekaligus memperkuat rasa nasionalisme di kalangan pegawai. “Kegiatan ziarah makam pahlawan dan tabur bunga ini tidak hanya sebagai ungkapan rasa terima kasih, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Setelah upacara penghormatan, kegiatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga yang diikuti oleh semua para peserta kegiatan. Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono menekankan Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, tetapi juga sebagai sarana refleksi diri dan pembelajaran bagi para insan pemasyarakatan untuk memahami lebih dalam tentang pengorbanan yang telah dilakukan oleh pahlawan demi bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *