Panen Raya Jagung di Nganjuk, Kapoksahli : Petani Pahlawan Pangan

 

NGANJUK, BUSERJATIM.COM GROUP- Kapoksahli Pangdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Ramli mengungkapkan, hampir satu miliar penduduk dunia di puluhan negara saat ini tengah mengalami krisis pangan.

“Kita ketahui sekitar 900 juta atau hampir satu miliar (penduduk) di 57 negara saat ini sedang krisis pangan,” kata Kapoksahli saat panen raya jagung di Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk, Jumat (19/4/2024).

Guna mengatasi kondisi tersebut, ia meminta kepada para petani untuk dapat menggenjot berbagai hasil pertaniannya.

Mengingat pentingnya peran petani dalam mengatasi krisis pangan saat ini, Kapoksali menyebut keberadaan petani sebagai pahlawan pangan.

“Disampaikan Mentan (Andi Amran Sulaiman) kemarin, petani adalah pahlawan. Bahkan, saat ini bukan hanya pahlawan pangan Indonesia saja, tetapi pahlawan pangan untuk dunia,” bebernya.

Sementara itu, Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengapresiasi Babinsa di jajarannya yang telah bekerja keras dan melakukan pendampingan terhadap para petani selama ini.

Berkat peran pendampingan Babinsa, Kasrem menilai, hasil panen raya jagung di lahan ketahanan pangan Kodim 0810/Nganjuk hasilnya sangat baik dan memuaskan.

“Kita lihat hasil panen raya jagung kali ini sangat memuaskan. Tentunya ini semua tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa bersama Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL) di lapangan,” ujarnya.

Ia pun berharap, kerja sama yang apik semacam itu akan dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan memperkuat ketahanan pangan nasional. “Semoga semakin baik dan berdampak,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *