Kapolres Majalengka Pimpin Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Lodaya 2024 untuk Pengamanan Idul Fitri 1445 H

Uncategorized273 Views

Majalengka, – Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR, memimpin rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2024 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka.Kamis (28/3/2024), Rapat ini dihadiri oleh Pj Bupati Majalengka yang diwakilkan oleh Asda 1, Forkopimda Majalengka, Kepala Dinas/Instansi pemerintahan, kepala BUMN, ketua organisasi terkait se-Kabupaten Majalengka, para pejabat utama, dan kapolsek jajaran Polres Majalengka beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Indra Novianto menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak yang hadir dalam rapat tersebut. Ia menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat selama perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

“Rakor lintas sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2024 ini menjadi skala prioritas kita dalam pelaksanaan pengamanan operasi kemanusiaan selama 13 hari, mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres AKBP Indra Novianto menjelaskan bahwa fokus utama Operasi Ketupat Lodaya adalah melindungi dan menjaga keselamatan serta keamanan warga masyarakat yang melakukan mudik maupun balik, serta kegiatan lainnya seperti sholat Id, silaturahmi, dan rekreasi di lokasi wisata.

“Dengan potensi pergerakan masyarakat yang meningkat saat mudik lebaran tahun 2024, kami telah mengantisipasi titik-titik rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Dalam rangka mendukung pengamanan, Kapolres AKBP Indra Novianto mengungkapkan bahwa akan diterapkan sistem satu arah (one way) dan contra flow di ruas tol Cipali. Polres Majalengka juga telah menyiapkan konsep pengamanan dengan sandi Operasi Ketupat Lodaya 2024, melibatkan personel Polres Majalengka, TNI Kodim 0617 Majalengka, instansi terkait, dan unsur masyarakat lainnya.

“Kami telah menyiapkan pos pengamanan, melakukan one way dan contra flow, serta menempatkan personel pada titik-titik bermasalah guna mengantisipasi kemacetan dan kepadatan arus mudik lebaran,” jelas Kapolres.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat memantapkan koordinasi, kerja sama, sinergitas, dan soliditas seluruh pihak terkait guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama perayaan Idul Fitri 1445 H. Kapolres AKBP Indra Novianto mengakhiri sambutannya dengan harapan agar rapat berjalan lancar dan sukses, serta berdampak positif pada pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024 yang aman, tertib, dan lancar.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *