Gandeng BPBD, Satgas TMMD Ke-119 Berikan Penyuluhan Tentang Mitigasi Bencana

SOSIAL, TNI POLRI42 Views

Majalengka – Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0617/Majalengka menggandeng BPBD Kabupaten Majalengka, pada Sabtu (2/3/2024) dalam pelaksanaan kegiatan non fisik memberikan penyuluhan tentang pencegahan bencana alam dan non alam, yang bertempat di Blok Wiranyana Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka.

Acara tersebut diselenggarakan oleh satgas TMMD Ke-119 bersama tim penyuluhan dari BPBD Kabupaten Majalengka. Kegiatan penyuluhan bertempat di Mushala Blok Wiranyana Desa Cipasung dengan pembawa materi Bapak Ade Solihin (Kabid Pencegahan Bencal) dan Bapak Feri (Staf Pudalops BPBD Majalengka) didampingi Pasiter Kodim 0617/Majalengka Kapten Inf Mastam.

Menurut Dansatgas TMMD Ke-119 Kodim 0617/Majalengka Letkol Inf Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P melalui Pasiter Kodim 0617/Majalengka Kapten Inf Mastam mengatakan,
kegiatan penyuluhan tentang bencana alam dan non alam, sangat penting untuk diberikan kepada warga masyarakat yang berada di lokasi TMMD.

“Hal ini dilakukan mengingat masyarakat Desa Cipasung di lokasi TMMD tersebut, bermukim di area dataran tinggi, yang mana bahaya dari bencana alam berupa tingkat curah hujan yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan tanah longsor dan banjir,” ucapnya.

Ia menyampaikan, adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut secara ringkasnya adalah, gambaran umum tentang penanggulangan bencana, perbedaan bencana alam dan non alam seperti konflik sosial, Pengenalan terhadap bencana.

“Mari kenali apa itu bencana, dan apa saja jenis-jenis bencana, konsep kejadian bencana dan penyelenggaraan penanggulangan bencana, cara mengenali bencana serta mengurangi resikonya,” pungkas Kapten Inf Mastam. (Pendim_0617)

(Dd_pie/asep.s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *