Sinergitas Tiga Pilar, di Kecamatan Sawahan untuk Sukseskan Pemilu 2024

TNI POLRI45 Views

MADIUN, BUSERJATIM. COM GROUP || Rapat koordinasi sinergitas tiga pilar dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu 2024. Berlangsung di Pendopo Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/2/2024). Rapat tersebut dipimpin oleh Camat Sawahan, Muhammad Sholeh, dan dihadiri oleh sekitar 50 orang dari berbagai unsur, seperti Muspika, Sekcam, Kasi, Kades, PPK, Panwascam, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

Rapat tersebut, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan saling menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Sawahan.

Dalam sambutannya, Camat Sawahan Muhammad Sholeh mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan memohon kepada semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan kondusif.

“Kami meminta kepada Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk memetakan potensi kerawanan menjelang pemilu dan menghidupkan posko kamtibmas di desa masing-masing,” ujar Camat Sawahan.

Dilokasi yang sama, Kapolsek Sawahan, Yulis Hary Rahmanto Maliki, dalam sambutannya menyatakan kesiapan Polsek Sawahan untuk mengawal logistik pemilu dari gudang penyimpanan KPU Kabupaten Madiun ke PPK Kecamatan Sawahan, termasuk dari PPK ke PPS.

Ia juga mengingatkan untuk mempersiapkan tempat penyimpanan logistik yang representatif dan aman, serta melakukan pembersihan alat peraga kampanye (APK) pada masa tenang.

” Disini kami informasikan tentang adanya kegiatan kampanye akbar di Surabaya pada tanggal 9 dan 10 Februari 2024. Kami meminta untuk memonitor simpatisan atau pendukung pasangan calon (paslon) dari wilayah Kecamatan Sawahan yang akan berangkat,” jelas Kapolsek.

Ia juga menyebutkan beberapa potensi kerawanan pada tahap masa tenang, seperti money politic, serangan fajar, pengrusakan, pembakaran, intimidasi, iming-iming, dan berita provokatif. Ia berharap kita semua bisa menjadi coolling system untuk menetralisir dan meluruskan berita yang tidak jelas kebenarannya (hoaks) yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

“Kami mengajak kita semua untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilih pada tanggal 14 Februari 2024, karena keberhasilan Pemilu dapat dilihat dari tiga hal, yaitu berjalannya setiap tahapan Pemilu dengan aman dan lancar, partisipasi pemilih yang tinggi, dan tidak terjadinya konflik,” pungkas Kapolsek.

Sementara itu, Danramil Sawahan, Kapten Inf Heru Purnomo, juga menyampaikan kesiapan penyelenggaraan pemilu, personel, dan sarana prasarana dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami berharap pelaksanaan Pemilu dapat berjalan aman, damai, dan lancar,” ungkap Danramil. (Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *