Enam Set Toilet Portabel Disiagakan Kementerian PUPR di Venue Aquabike Jetski World Championship Samosir dan Toba

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiagakan enam set toilet portabel di venue Aquabike Jetski World Championship Kabupaten Samosir dan Toba, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

“Total ada enam unit tambah satu set hidran umum untuk tampungan air dan satu unit sanitasinya,” ujar Staf Tanggap Darurat Kementerian Pekerjaan Umum, Muhammad Roji Ismet, di Samosir, pada Kamis (23/11/2023).

Roji menjelaskan, di Kabupaten Samosir, Kementerian PUPR menyiapkan dua set toilet portable di dua lokasi, yakni Waterfront City Pangaruran dan Pelabuhan Pangaruran.

Setiap set toilet portable sendiri terdiri atas tiga mobil, yakni mobil toilet, mobil tinja, dan mobil tangka air (MTA).

“Disini (Samosir) ada dua set terdiri di waterfront (city) dan pelabuhan pangaruruan sini,” katanya.

Sementara itu di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, Kementerian PUPR menyiapkan dua set toilet portabel plastik.

Lokasinya di kantong parkir lumanpea dan di sebelah tribun penonton untuk mengakomodasi pengunjung yang memadati lokasi lomba jetski internasional tersebut.

“Toliet (di Samosir) itu mulai dioperasikan dari Selasa (21/11/2023) sampai minggu 27 November (2023). Setiap set toilet terdiri atas empat personel (sebagai operator),” kata Roji.

Sedangkan untuk di Pelabuhan Balige Toba, Kementerian PUPR menyiapkan enam orang petugas untuk memasangnya.

Namun untuk toilet portable plastik, tugas Kementerian PU hanya menyediakan untuk kemudian diserahterimakan pada masyarakat desa untuk pengoperasiannya.

“Di toilet Samosir itu ada AC-nya, dan setiap mobil toilet dilengkapi dengan empat bilik, yang terdiri dari dua kloset jongkok, dua kloset duduk dan satu wastafel,” jelas Staf Tanggap Darurat KemenPUPR.

Dia memastikan seluruh toilet tersebut sudah siap digunakan. Termasuk untuk toilet portebel plastik di Pelabuhan Balige, walaupun sampai saat ini masih belum difungsikan.

“(semua toilet) Sudah terakit tinggal pakai kapan saja. Dari senin juga sudah siap tinggal dibuka,” pungkas Roji.

InfoPublik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *