by

15 Menit Mengudara, Batik Air Mendarat Darurat di Bandara Ahmad Yani

-Nasional-32 views

matamaja – Semarang. Setelah sempat mengudara selama 15 menit, Pesawat Batik Air rute Semarang-Jakarta dengan nomor penerbangan ID – 6355 putar balik menuju Bandara Ahmad Yani. Keputusan ini diambil lantaran salah satu indikator pada bagian kokpit tidak dalam posisi yang sesuai.

Corporate Communication Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantono menyebut penerbangan Batik Air ID – 6355 dengan jumlah awak 6 orang dan tamu 120 penumpang, sudah menjalani pengecekan sesuai Standar Operasional Prosedur.

Hasilnya, pesawat tersebut dinyatakan layak terbang dan beroperasi (airworthy for flight). Pada pukul 14.15 WIB, pesawat Batik Air tersebut juga sudah lepas landas dari Bandara Ahmad Yani.

“Namun, setelah 15 menit mengudara, pilot memutuskan kembali ke bandar udara asal (Bandara Ahmad Yani) atau return to base (RTB), demi keselamatan dan keamanan penumpang,” ungkap Danang melalui keterangan resminya, Minggu (28/3/2021).

Sebelum mendarat, pesawat Batik Air terlebih dahulu melakukan holding (putaran). Hal tersebut dilakukan karena jarak pandang yang pendek dan cuaca buruk.

Danang juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang. Para penumpang kini menunggu untuk mendapatkan informasi penerbangan lebih lanjut.

“Batik Air menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan pesawat ID-6355 ini,” jelasnya. (PMJnews)